Ulasan Kamen Rider Geats, Alur Cerita dan Para Karakter yang Berkesan

Kamen Rider Geats
Kamen Rider Geats (Twitter.com/yuto_wygar)


Dengan penayangan episode terakhir berjudul "Fajar I: Dari Sinilah Highlight!" pada 26 Agustus 2023, maka berakhirlah serial Kamen Rider Geats yang telah ditayangkan dari 4 September 2022. Selama penayangannya, serial Kamen Rider Geats telah menghadirkan berbagai karakter yang berkesan. Alur ceritanya juga tidak kalah menarik untuk diikuti.

Serial Kamen Rider Geats bercerita tentang Ace Ukiyo, seorang DesiGod yang telah memenangkan beberapa musim Desire Grand Prix, sebuah kompetisi permainan bertahan hidup dengan para Kamen Rider melawan para Jamato dan berusaha menjadi DesiGod yang memiliki kesempatan untuk mewujudkan keinginannya.

Kilas balik serial Kamen Rider Geats

Pada suatu musim Desire Grand Prix, para peserta harus menghadapi Jamato Kastil untuk menjadi DesiGod dan mewujudkan keinginnnya. Para pesertanya terdiri dari Ace Ukiyo yang berubah menjadi Kamen Rider Geats, Michinaga Azuma yang berubah menjadi Kamen Rider Buffa, dan Takeshi Gōtokuji yang berubah menjadi Kamen Rider Shirowe.

Dalam permainan tersebut, Keiwa Sakurai dan Neon Kurama bertemu dengan Ace Ukiyo. Setelah itu, permainan selesai dengan Ace Ukiyo/Kamen Rider Geats menjadi DesiGod dan keinginannya membuat dunia dengan dirinya menjadi Star Of the Stars Of the Stars terwujud. Musim baru Desire Grand Prix segera dimulai dan Tsumuri sebagai navigator mulai merekrut para peserta yang di antaranya adalah Ace Ukiyo/Kamen Rider Geats, Keiwa Sakurai/Kamen Rider Tycoon, Neon Kurama/Kamen Rider Neon, dan Michinaga Azuma/Kamen Rider Buffa.

Dalam busur cerita pertemuan, terdapat beberapa karakter yang diperkenalkan yaitu Takahito Taira/Kamen Rider Ginpen, Morio Koganeya/Kamen Rider Mary, dan Kanato Sumida/Kamen Rider Da-Paan. Selain itu, para peserta harus melalui beberapa permainan seperti Zombie Survival Game, Concentration Game, dan Permainan Tendang Kaleng. Busur cerita ini berakhir dengan Ace Ukiyo menjadi DesiGod dan mewujudkan dunia dengan Tsumuri dan Giroli yang merupakan bagian dari manajemen Desire Grand Prix sebagai keluarga Ace Ukiyo.

Setelah itu, dimulai kembali musim baru Desire Grand Prix dengan pengenalan karakter yaitu Win Hareruya/Kamen Rider Punkjack, Ittetsu Tanba/Kamen Rider Keiro, dan Yukie Yaginuma/Kamen Rider Letter. Permainan yang dihadirkan juga tidak kalah seru yaitu Permainan Labirin Jamato, Permainan Berebut Kursi, dan Permainan Perburuan Kitsune. Akhir dari busur cerita siasat ini adalah pemecatan Giroli sebagai Game Master.

Busur cerita bias menampilkan musim baru Desire Grand Prix dengan pengenalan karakter yaitu Daichi Isuzu/Kamen Rider Nadge Sparrow dan Sae Ganaha/Kamen Rider Lopo. Setelah terungkap bahwa Desire Grand Prix merupakan Reality Rider Show, permainan berfokus pada DesiStar untuk meningkatkan rating penonton dengan Game Master baru bernama Chirami. Diperkenalkan pula para pendukung Desire Grand Prix yaitu Ziin/Kamen Rider Ziin, Kekera/Kamen Rider Kekera, dan Kyuun/Kamen Rider Kyuun. Terungkap pula karakter dari pihak Jamato yaitu Archimedel dan Beroba/Kamen Rider Beroba.

Setelah Desire Grand Prix dihentikan dan hasil permainan tidak diputuskan, Beroba mengumumkan pembukaan Jamato Grand Prix. Beberapa permainan yang dihadirkan dalam Jamato Grand Prix yaitu Kaminari Jamato Matsuri, Sengoku Game, Permainan Adu Banteng, dan Permainan Surga dan Neraka. Dalam busur cerita ratapan ini, Michinaga Azuma/Kamen Rider Buffa menjadi JamaGod dan mendapat kekuatan untuk menghancurkan para Kamen Rider.

Dalam busur cerita kerinduan, Suel sang pendiri Desire Grand Prix menyatakan pembukaan Desire Royale yang mempertaruhkan keberlangsungan Desire Grand Prix. Namun, sebenarnya tujuan Suel adalah Grand End. Sara Sakurai bergabung dalam Desire Royale sebagai Kamen Rider Hakubi. Busur cerita ini berakhir dengan Grand End berhasil digagalkan oleh Kamen Rider Geats IX.

Dalam busur cerita penciptaan, Ace Ukiyo membentuk kembali dunia dan berusaha membasmi Jamato yang tersisa. Sementara itu, Jitt sebagai Game Master baru dari pihak manajemen Desire Grand Prix hadir dan mengincar Tsumuri. Setelah memiliki Black Tsumuri, Jitt mengumumkan permulaan Bad End Game. Apakah para Kamen Rider dapat menghentikan permainan dan menyelamatkan dunia?

Ulasan Kamen Rider Geats

Berbeda dari serial Kamen Rider biasanya, episode perdana serial Kamen Rider Geats terasa seperti episode terakhir dengan pertarungan yang menarik. Selain itu, tema cerita yang dihadirkan juga menarik yaitu permainan bertahan hidup. Namun berbeda dari serial Kamen Rider Ryuki, para Kamen Rider dari serial Kamen Rider Geats tidak boleh saling menyerang selama permainan berlangsung. Namun, dengan beragamnya permainan yang dihadirkan, terlihat pertarungan antar Kamen Rider dalam beberapa kesempatan. 

Konsep lain yang tidak kalah menarik adalah konsep manajemen dan Reality Rider Show dari Desire Grand Prix. Adanya karakter pihak manajemen dan para pendukung menambah dinamika cerita dari serial Kamen Rider Geats. Selain itu, peraturan yang disampaikan di akhir episode menjadi ciri khas dari serial ini. 

Para karakter utama memiliki perkembangan karakter yang diceritakan dengan cukup baik, begitu pula dengan latar belakang dan tujuannya. Hal ini membuat para karakter utama seperti Ace Ukiyo, Keiwa Sakurai, Michinaga Azuma, Neon Kurama, dan Tsumuri begitu berkesan. Selain itu, beberapa karakter lainnya juga memiliki latar belakang dan tujuan yang cukup berkesan. Meski begitu, terdapat beberapa karakter yang terlihat disia-siakan dengan tidak begitu adanya pengembangan karakter yang berarti.

Episode terakhir serial ini cukup menarik karena tidak langsung memperlihatkan kelanjutan cerita dari episode sebelumnya sehingga dibuat bertanya-tanya pada durasi awal. Selain itu, episode terakhir ini cukup baik dengan memperlihatkan harapan berbagai karakter dalam dunia yang damai. Pertarungan final para Kamen Rider dengan Suel juga tidak kalah epik. Meski begitu, Suel tampak dengan mudah dikalahkan setelah kekuatannya tidak berpengaruh pada Kamen Rider Geats.

Meskipun serial Kamen Rider Geats berakhir, tampaknya masih terdapat film musim dingin Kamen Rider yang akan menjadi persilangan antara Kamen Rider Geats dan Kamen Rider Gotchard. Selain itu, serial Kamen Rider Gotchard akan ditayangkan mulai 3 September 2023. Bagaimana pendapatmu mengenai serial Kamen Rider Geats? Selain itu, apa harapanmu untuk Kamen Rider Gotchard?

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال